Thursday 10 January 2019

Langkah Awal Mengisi Data PDUM UAMBN BK

Pangkalan Data Ujian Madrasah atau disebut dengan PDUM merupakan aplikasi yang berbasis web yang dapat anda akses melalui Browser seperti Google Chrome , Mozilla Firefox, dll. dengan alamat: http://sikurma.kemenag.go.id/pdum/  dengan tampilan seperti dibawah ini :

Halaman Login Aplikasi PDUM
Ditingkat Madrasah Hanya Petugas yang di tunjuk sebagai proktor yang berhak mengakses aplikasi PDUM Proktor wajib mengatur dan melengkapi data serta lalulintas pemakaian aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah di tingkat Madrasah masing-masing 

Cara  Login ke dalam Aplikasi:
  1. Masukan username dan password user proktor
  2. Klik Login atau tekan Enter
  3. Jika pengguna lupa password, silahkan klik disini, yang berada pada bagian bawah "Lupa Passord?"
Memahami Menu Pada Beranda Aplikasi PDUM

Setelah anda berhasil login sebagi proktor maka langkah selanjutnya adalah melengkapi data-data madrasah seperti profile proktor, profile madrasah serta data siswa peserta ujian madrasah.

Berikut tampilan Beranda Aplikasi PDUM setelah anda login :




Semua langkah-langkah yang harus dilakukan proktor sudah dijelaskan pada menu mukadimah seperti gambar diatas, intinya ketika anda berhasil login maka penjelasan sudah lengkap didalam aplikasi tersebut jadi saya hanya menjelaskan beberapa saja yang mungkin masih ada yang belum jelas untuk menggunakan aplikasi web PDUM, ada beberapa menu yang saya beri kotak merah dan tanda panah, menu ini merupakan menu umum pada setiap panel website berikut penjelasan singat : 
  1. Menunjukkan anda login sebagai proktor dan terdapat nama anda, tanda panah di samping nama anda adalah menu untuk keluar atau logout 
  2. Merupakan tombol menu yang mana ketika menu mukadimah, data madrasah, dll tidak muncul maka anda dapat klik tombol tersebut.
Selanjutnya anda harus melengkapi data sebeagia berikut :
Langkah 1 Melengkapi Data Proktor , 
Langkah 2 Melengkapi Data Madrasah , 
Langkah 3 Upload Data Siswa , 
Langkah 4 Pengecekan Data Siswa , 
Langkah 5 Cetak Kartu Peserta Ujian Madrasah

Semua penjelasan Langkah 1 s/d 5 sudah ada pada menu mukadimah aplikasi PDUM. Salam Proktor selamat berjuang.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon