Monday 11 February 2019

Tips Menanggulangi Komputer mati tiba-tiba disebabkan Ram


Pernahkah anda mengalami computer tiba-tiba mati?
Sebagai teknisi dalam ujian akhir berbasis computer pasti tidak lepas dari hal itu. Disini kami akan sedikit berbagi tip cara menanggulanginya. Kalo tip cara mengatasinya mungkin sudah banyak kita jumpai di cara dan tipsnya bahkan banyak juga langkah langkahnya. Tapi kali ini kami akan berbagi diantara cara menanggulanginya.

Langsing saja ya… langsung saja maksudnya.

Kebiasaan yang terjadi saat pelaksanaan ujian berbasis computer adalah komputer mati. Hal ini wajar jika spek computer yang dipakai adalah biasa biasa saja alias kualitas rendah. Berbeda lagi kalo computer yang dipakai sudah kualitas tinggi, itupun bias saja hal serupa terjadi meski sedikit.

Dalam kasus ini (computer mati secara tiba-tiba. Dalam penanganan pertama Yang banyak terjadi adalah pada masalah ram. Jika computer dibuka dan ram dicabut lalu dibersihkan cukup di lap dengan jari atau selebihnya dengan di bersihkan dengan stip pensil masalah sudah beres. Dan jika memang ternyata belum juga beres maka perlu penanganan lebih lanjut dengan memerikas processor, montherboard dll. Meski demikian lelah juga jika kita selalu bongkar pasang computer hanya untuk membersihkan ram.

Kembali ke pembahasan kita adalah penanggulangan computer mati dengan sebab ram.

Komputer mati secara tiba-tiba. Hal tersebut disebabkan karena ram kotor. Dan ram yang kotor disebabkan ram terlalu panas. Dan ram yang panas disebabkan prossesor yang panas. Untuk mengatasi hal itu bisa dengan cara memberi pendingin di permukaan processor dengan pasta yang khusus yang bisa dibeli di toko toko komputer. Bilang saja beli pasta processor. Harga sekitar Rp 50.000 ada juga yang ratusan ribu. Atau lebih mudahnya cari saja di toko online.
Setelah dibeli, maka langsung ke TKP…

Caranya adalah bongkar casing penutup computer dan buka pendingin processor lalu oleskan pasta pada bagian punggung processor sedikit saja jangan terlalu banyak. Kira-kira seukuran biji beras. (awas…! Jangan kebalik yang bagian dalam processor lho…). Lalu pasang kembali dan siap menjalankan tugas. 
Dijamin computer anda akan damai selalu tanpa sering bongkar pasang lagi membersihkan ram.
Semoga bermanfaat...!


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon