Saturday 26 January 2019

Mengatasi Virtual Box Failed to Open Session for virtual machine

Solusi Mengatasi Virtual Box yang tidak berjalan normal pada komputer server UNBK hal yang sering terjadi adalah gagal membuka sesi pada mesin virtual, memang hal ini tidak terjadi pada setiap komputer server namun tidak sedikit server yang mengalami VirtualBox Error: E_FAIL (0x80004005) Gagal  menjalankan virtual mechine UNBK hal ini biasanya disebabkan oleh spesifikasi komputer yang berbeda-beda, kita tidak membahas spesifikasi komputer server seperti apa namun kali ini kita akan membahas bagaimana mengatasi Failed to open a session for the virtual machine UNBKSERVER2.

Biasanya pesan yang dihasilkan dari virtual box yang tidak berjalan dengan normal seperti dibawah ini :

Failed to open a session for the virtual machine UNBKSERVER2.
The virtual machine ‘UNBKSERVER2’ has terminated unexpectedly during startup with exit code 1 (0x1). More details may be available in ‘C:\Users\SERVER2\VirtualBoxVMs\UNBKSERVER2\Logs\VBoxHardnng.log’. 
Result Code: E_FAIL (0x80004005)
Component: MachineWrap
Interface: IMachine {f30138d4-e5ea-4b3a-8858-a059de4c93fd}

Sekedar informasi bahwa UNBKSERVER2 merupakan nama dari virtual machine, dan SERVER2 merupakan nama dari komputer yang saya gunakan, disetiap komputer pasti berbeda-beda tergantu setting yang anda lakukan, namun intinya kita menghadapi masalah yang sama.

Solusi Pertama 
Jika terjadi masalah filed open virtual machine tersebut langkah yang paling mudah adalah menggunakan tombol Headless yang terletak dibawah tombol Normal Start, untuk memunculkan tombol Headless anda harus menekan tombol panah yang berada disamping tombol Start Utama untuk lebih jelasnya bisa lihat kambar dibawah ini :


Solusi Kedua  
Jika langkah pertama tidak menjadi solusi maka anda dapat mecoba langkah berikut :

  1. Installed http://support.microsoft.com/kb/3024777
  2. Setelah selesai Instalasi restart komputer anda
  3. Unistall Virtual Box disarankan menggunakan Revounistaller 
  4. Restart kembali komputer anda 
  5. Install kembali Virtual Box dan jalankan
Karena VirtualBox anda bermasalah maka ketika anda menggunakan Exambrowser Admin akan muncul keterangan VM Stop seperti gambar dibawah ini :


Selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memulai Vritual Machine terlebih dahulu, jalankan VM anda setelah virtual window server ready baru buka Exambrowser Admin. Catatan Nama Vritual Machine harus sama dengan yang ada dikolom VM Exambrowser Admin dan anda harus memiliki password bitlocker ,

Tidak Tahu Password Bitlocker UNBK 2019 sedangakn VirtualBox tidak Normal 

Kalau anda tidak tahu password bitlocker solusinya adalah start VM dengan menekan tobol Dertacabel Start posisinya berada dibawah tombol hedaless kemudian secara cepat tekan start VM yang ada di Exambro Admin langkah ini hanya dilakukan jika kondisi komputer server dalam keadaan darurat dan tidak ada cara lain untuk memulai secara normal

Jika masih memungkinkan install ulang komputer server anda ke Windows 10 maka VM akan berjalan dengan Normal 

Semoga berhasil terkadang keberhasilan tergantung prangkat komputer yang anda gunakan oleh karena itu saya cantumkan beberapa solusi semoga bermanfaat. Salam Proktor.

Artikel Terkait

5 comments

tetap gk bisa udh di headless start

yang di instal ulang windowsnya atau vm nya?

Masalahnya ternyata ada pada windowsnya, tak perlu install ulang caranya bisa dicek diblog teknolongin.

Terima kasih... Sangat membantu 👍


EmoticonEmoticon