Sunday 14 April 2024

Niat Puasa Senin Kamis, Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis


Puasa merupakan salah satu ibadah yang memiliki kedudukan tinggi dalam agama Islam. Selain puasa wajib seperti puasa Ramadhan, terdapat pula puasa sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan oleh umat Muslim. Salah satu puasa sunnah yang sangat dianjurkan adalah puasa sunnah Senin Kamis. Puasa ini memiliki keutamaan dan nilai spiritual yang besar bagi para pelakunya.


Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis

Puasa sunnah Senin Kamis memiliki banyak keutamaan yang dijanjikan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, “Amalan hamba diangkat (kepada Allah) pada dua hari, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Kemudian aku berpuasa, dan amalan hamba tersebut diperlihatkan pada Allah di saat aku berpuasa.” (HR. Tirmidzi)

Puasa Senin Kamis juga merupakan sunnah yang dicontohkan langsung oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau seringkali berpuasa pada hari Senin dan Kamis sebagai bentuk kesunahan dan kecintaan kepada Allah SWT. Dengan mengikuti sunnah Rasulullah, umat Muslim diharapkan mendapatkan berkah dan keberkatan dalam hidup mereka.

Niat Puasa Sunnah Senin Kamis

Niat merupakan bagian penting dari ibadah puasa, termasuk puasa sunnah Senin Kamis. Berikut adalah contoh niat puasa sunnah Senin Kamis:


Untuk niat puasa Senin adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِي يَوْمِ الْإِثْنَيْنِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma gadin fi yaumil-isnaini sunnatal lillāhi ta'ālā.

Artinya: “Saya berniat puasa pada hari Senin sunnah karena Allah Ta'ala.”


Sementara untuk niat puasa Kamis, yaitu:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِي يَوْمِ الْحَمِيْسِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma gadin fi yaumil-khamisi sunnatan lillāhi ta'ālā.

Artinya: “Saya berniat puasa pada hari Kamis sunnah karena Allah Ta'ala.”


Manfaat Puasa Sunnah Senin Kamis

Selain mendapatkan keutamaan di sisi Allah SWT, puasa sunnah Senin Kamis juga memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh dan jiwa. Dengan menjalankan puasa secara rutin, seseorang dapat meningkatkan disiplin diri, membersihkan tubuh dari racun, serta memperkuat ikatan spiritual dengan Sang Pencipta.

Puasa sunnah Senin Kamis juga dapat menjadi kesempatan bagi umat Muslim untuk melakukan introspeksi diri dan meningkatkan kualitas ibadah mereka. Dengan mengikuti sunnah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, umat Muslim diharapkan dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mendapatkan rahmat-Nya.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon