Thursday 14 February 2019

Pembelajaran dan ulangan harian berbasis android di dalam kelas

Selamat berjumpa lagi dengan kami. Untuk kali ini kami akan berbagi bagaimana kita memanfaatkan android untuk media pembelajaran di dalam kelas.


Untuk menghadapi tantangan zaman maka sebagai guru harus melek tegnologi. Jangan sampai teknologi yang memperalat kita akan tetapi marilah kita memperalat tegnologi dengan menggunakannya sebagai alat untuk meraih harapan.

Lebih dari 80 % peserta didik sudah menggunakan androit sebagai gadget yang tidak lepas dari kehidupan sehari-harinya. Dan sudah sangat sulit untuk membendung penggunaannya. Langkah alternatif supaya peserta didik tidak hanyut dalam penggunaan gadget android untuk hal-hal yang tidak bermanfaat bahkan cenderung merusak dan membahayakan aktifitasnya. Karena selain menghabiskan waktu penggunaan gadget android bisa mengarah kepada hal-hal yang negatif.

Oleh karena itu dalam pembahasan kali ini kami akan mengajak guru untuk lebih pintar menguasai tegnologi terutama penggunaan android. Supaya dengan android peserta didik kita tidak terhanyut dalam hal-hal yang negatif. Sudah barang tentu caranya adalah mengarahkan mereka kepada hal-hal yang positif.

Pembahasan utama kali ini adalah membuat media pembelajaran berbasis android. Misalnya didalam kelas kita menerapkan ulangan harian berbasis android.  Dengan menggunakan Computer Based Test (CBT) kita bisa menerapkan ulangan berbasis komputer. Namun untuk kali ini asumsi kita jangan lamtas menganggap repot karen harus menyiapkan komputer yang memadai.

Kita manfaatkan android yang dimiliki peserta didik untuk melaksanakan tes atau ulangan harian berbasis android. Dengan server hanya cukup laptop giri dan peralatan wifi lokal .

Langsung saja untuk teknis pelaksanaanya...
Tahapan-tahapan yang harus disiapkan adalah :

1. Laptop Guru

Kenapa memilih laptop? Karena pembahasan kita adalah pembelajaran dalam kelas. Yang mestinya girunakan berpindah pindah  kelaa. Guru yang kreatif tidak lepas dari laptop dalam kesehariannya. Maka dari itu setiap guri harus bisa menguasai laptop. Namun jangan khawatir bagi guru yang belum negitu banyak menguasai IT. karena untuk kali ini bagi guri yang sukanya instan. Bisa meminta tim IT sekolah atau madrasah untuk mennyiapkan terlebih dahulu. Tinggal nanti pelanksanaanya tinggal mengoperasikan secara mudah.

2. Wifi external

Pembahasan kita ini adalah jaringan lokal. Jadi tidak perlu akses internet. Fungsi wifi external ini adalah untuk menghubungkan laptop guri dengan lapto atau andoid siswa. Jadi semua lapto dan android siswa nantinya harus terkoneksi dengan wifi tersebut.

3. Kabel lan

Tidak usah terlalu panjang. Cukup satu meter atau bahkan setengah meter cukup. Fungsi kabel lan ini adalah untuk memgjubungkan laptop dengan wifi external tersebut.

4. Laptop siswa atau bisa dengan android

Diposisikan sebagai clien untuk mengerjakan soal-soal yang datanya di ambil dari laptop guru melalui jaringan wifi lokal.
Selain soal guru juga bisa menyampaikan materi melalui jaringan tadi.

5. Pakel soal dan bahan-bahan materi lainnya yang diperlukan

Jika sasaran kita adalah penyampaian materi disertai ulangan maka kita harus menyiapkan materi sekaligus soal. Adapun soal yang kita siapkan harus sudah disertai kunci jawaban.
Karena termasuk kelebihan pembelajaran berbasis android ini adalah guru akan lebih mudah dalam koreksi dan analisis hasil ulangan atau ujian.

Jika semua sudah disiapkan maka kita siap untuk menerapkan Pembelajaran Berbasis Android didalam kelas.

Adapun cara menerapkanya....
Tunggu postingan kami berikutnya yach...
Terimakasih sudah mengunjungi web kami. Follow dan bagikan supaya saya lebih giat membuat postingan dan supaya lebih bermanfaat.


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon