Thursday 21 February 2019

Cara setting atau mengatur android untuk USBN



Halo sobat protek proktor dan teknisi. Sudah siapkah kita menghadapi USBN yang dengar dengar dilaksanakan memakai android. Kenapa memakai andeoid? Karena banyak dari jenjang MTs atau SMP yang dalam pelaksanaan ujian masih kerjasama alias join dengan jenjang atasnya MA atau SMA. Berhubung mapel USBN itu tidak sedikit maka sulit sekali untuk menghindari benturan jadwal.

Pada akhirnya mau tidak mau madrasah atau sekolah tersebut harus tetap melaksanakan namun dengan menggunakan android. Selain itu melaksanakan ujian dengan menggunakan android jauh lebih ringan biaya dan lain lainya sibanding memakai komputer.

Maka dari itu disini saya berinisiatif untuk berbagi cara melaksanakan Ujian menggunakan android. Tentunya kita harus melakukan langkah langkah persiapan.

Sebelum melakukan langkah  langkahnya kita siapkan dulu alat alat yang perlu diperlukan yaitu :
1. Router wiffi eksternal.
2. Hp Android
3. Kabel land

Kalo biasanya kita melaksanakan ujian berbasis komputer dengan menggunakan komputer desktop maka kita menghubungkan atau coneksi ke server dengan menggunakan kabel lan.
Tapi kali ini beda karen hp android kita mungkin tidak support di colok kabel lan. Maka caranya dengan menghubungkan melalilui wiffi. Yang mana wiffi tersebut mestinya harus terhubung dengan server.

Oke... Langsung saja kita ikuti langkah langkahnya....!

Langkah pertama
Sambungkan kabel lan dengan router / wifi yang akan kita gunakan koneksi server ke clien / hp android. Ingat yangnkita sambungkannke wiffi adalah pada slot yang biasanya kita sambungkan ke clien alias jaringan lokal.

Langkah kedua
Sambungkan hp android kita ke wiffi yang sudah kita sambungkan ke server. Setelah tersambung setting ip wiffi yang terkoneksi tersebut ke posisi statis. Biasanya sudah default menyesuaikan sendiri, namun jangan lupa kita edit angka terakhirnya pada alamat ip supaya tidak sama dengan yang lainnya. Misalnya alamat ip 192.168.0.101 maka kita edit menjadi 192.168.0.103 dan seterusnya.
Adapun gateway dan seterusnya sudah default tidak usah kita edit.

Langkah ketiga
Masuk alamat usbn melalui browser misalnya chroome atau dengan dengan mengetik alamat 192.168.0.101. Namun yang disarankan adalah dengan memakai aplikasi khusus usbn. Jika sudah benar pasti akan muncul beranda usbn.
Namun semua langkah tersebut harus sudah dipastikan kita mengaktifkan VDI USBNBK pada komputer server.
Demikian penjelasan singkat saya semoga bermanfaat.

By : Saif

Artikel Terkait

7 comments

Klo untuk hp.nya... apkah ad ketentuan hrus yg ram brp / room brp gt... Trmksh...

tidak ada ketentuan tapi disarankan yang ram 2 untuk cari aman pak

Betul... Hp ram 1 sudah tidak nyaman lagi buat aktifitas yang serius.

Roter yang paling bagus apa ya karna roter yg sy gunakan tp link tl wr 543g biasa henk pak.

Hp samsung j2 core kyknya ram 1 apakah bisa??

Gimana cara menyimpan nya ketika sudah di edit, di hp relme 3


EmoticonEmoticon