Friday 2 March 2018

Informasi Lengkap Penyelenggaraan UAMBN 2017/2018 pdf


Informasi kali ini berkaitan tentang penyelenggaraa Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional atau biasa disebut dengan UAMBN, Kementerian Republik Indonesia melalui Direktorat KSKK Madrasah  dan Direktorat Jenderal Pendidikan Kementerian Agama RI telah mengeluarkan Informasi resmi terkait hal tersebut.

Pelaksanaan UAMBN pada tahun ini berbeda dari tahun - tahun sebelumnya, pada tahun ini Direktorat Jenderal Pendidikan Kementerian Agama RI menerapkan sistem Komputer / UAMBN-BK, hal ini merupakan kali pertama pelaksanaan UAMBK (ujian akhir madrasah berbasis komputer), ini merupakan wujud nyata semakin berkembangya pendidikan di indonesia.

Dokumen presentasi resmi yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pendidikan Kementerian Agama RI menginformasikan bahwa USBN, UAMBN dan UM dilaksanakan setelah UN dengan Materi Uji Sampaidengan semester 6, Dokumen presentasi resmi yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pendidikan Kementerian Agama RI dapat anda download di bawah artikel ini. 

Perencanaan Anggaran UN dan UAMBN 2018 :
  • Mulai tahun 2018 anggaran UN menjadi tanggungjawab bersama antara Kemendikbud dan Kemenag
  • Kemendikbud membiayai: singkronisasi UN, pengiriman LJUN ke Kab/Kota, pengisian data sekolah/madrasah, penyusunan dan pengiriman laporan dan transportasi bahan UN
  • Kemenag membiayai : honor proktor, honor teknisi, honor pengawas ruang di madrasah.
  • Kemenag telah menyiapkan anggaran pelaksanaan UN 2018.
  • Harus  sinkron perencanaan peng anggaran ujian - ujian di madrasah tahun 2018 mulai tingkat satker madrasah, kemenag kab/kota, kanwil dan pusat.

Langkah - Langkah  UN dan UAMBN :
  • Pendataan jumlah madrasah pelenggara ujian mandiri dan yang bergabung (baik MTs dan MA)
  • Pelaksanaan UNBK bisa sharing peralatan komputer antar madrasah baik MTs maupun MA dan perguruan tinggi setempat
  • Subdit Sarpras Direktorat KSKK Madrasah akan mengalokasikan dana Bantuan pengadaan Server untuk UNBK tahun 2018 (terbatas).
  • Aplikasi UAMBK (termasuk pelatihan proktor/teknisi sudah disiapkan Ditjen PENDIS)
  • Aplikasi UNBK dan UAMBK modelnya sama sehingga tidak menyulitkan peserta didik.
Dokumen Informasi Lengkap UAMBN 2017/2018 format PDF dapat anda download disini :




Demikian informasi awal seputar UAMBN tahun 2017/2018, semoga dapat bermanfaat dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. #Maju terus Madrasah Indonesia # Ikuti kami di Facebook untuk Mendapatkan Infromasi tersbaru seputar dunia pendidikan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon